Selasa, 31 Januari 2012

Bahasa Jawa = Bahasa Korea

photo from here
Oke baiklah, ini adalah permasalahan serius menurut saya. dan menjadi hal yang perlu dikaji ulang agar nantinya gak ada penipuan, pelecehan atau pembunuhan #astagfirullah serem amat.

BAHASA JAWA.


Oh my God!
Rasanya untuk sedikit ngerti bahasa ini sama susahnya dengan bahasa korea yang selama ini saya denger dari drama-dramanya. Minimal setiap kali ada orang yang ngajak saya ngobrol pake bahasa jawa saya paling gak ngerti maksudnya apa, gak perlu kata per kata deh. Maklum banget sih, karena saya pendatang dan di Semarang itu gak kayak Bogor. Kalau di Bogor, kebanyakkan orang udah gak begitu banyak yang pake bahasa sunda walau emang logatnya masih sunda, apalagi anak gaulnya, uuhh udah jakarte punya. Nah beda kalau di Semarang ini, anak seusia SD deh sampe yang tua-tua itu masih melestarikan bahasa daerahnya, sehari-hari ngobrol pake bahasa jawa.

Sempet waktu ngajar, anak-anak malah minta ajarin bahasa jawa. Sedang saya Cuma bisa IKI dan PIYE. Hahaha gimana mau ngajarin.
“Mba ila, kita belajar bahasa jawa aja, yuk..”
“Aku gak ngerti sayang. Gak bisa bahasa jawa.”
Anak-anak Cuma angguk-angguk dan lanjut belajar matematika dan bahasa inggris oleh iput.

Dan beberapa hari berikutnya, Dea,
“Mba ila, udah bisa bahasa jawa belum? Yuk belajar bahasa jawa aja.” dan rengekan disusul oleh anak-anak yang lain. Dan saya menolak kembali.masa iya selama kurang lebih dua hari udah mahir bahasa jawa, ngajarin pula. Haduuhhh

Yaaaa tapi mau gimana lagi, saya emang gak ngerti sama sekali bahasa jawa. Mungkin karena temen main saya bukan orang asli jawa semua kali ya? Malah kebanyakan anak bekasi, Jakarta dan sekitarnya. Sedangkan kalau ngobrol sama temen-temen yang asli jawa, saya langsung minta translate atau gak usah pake bahasa jawa.

Pernah, waktu sepulang dari rumah menuju Semarang. Nah ibu-ibu di belakang saya ngajak ngobrol pake bahasa jawa. Dan saya Cuma amnggut-manggut aja sambil sesekali bilang iya dan tersenyum (miris gak ngerti). Tiba-tiba ibunya berhenti ngomong dan malah bingung sendiri. otomatis dong saya juga heran, kenapa nih ibu-ibu?

“Iki lho de, kamu mau kemana? Ditanya malah senyum-senyum aja toh.”

GUBRAK! Ngomong panjang lebar intinya Cuma itu? gak mungkin kayaknya, Cuma sayangnya saya aja kali ya yang gak ngerti.

Pernah juga, sama ibu-ibu laundry langganan di samping kosan. Si ibu ini tuh rajin banget kalau ngomong pake bahasa jawa dan setelah saya jelasin saya gak bisa bahasa jawa, berkali-kali juga beliau tanya asal saya dari mana. Hahaha kejadian yang sama persis kayak waktu di bis juga pernah kejadian di tkp laundry ini. si ibu malah bingung karena saya jawab gak nyambung dan Cuma iya-iya doang. Padahal gak ngerti sama sekali apa yang diobrolin hehehe maafkan aku ibuuuu..

Dan pernah juga, kemarin waktu bakti sosial di daerah lereng Gunung Merbabu, dusun Thekelan, orang-orang asli dusun ini semuanya berbahasa jawa dan gak ngerti bahasa Indonesia kebanyakan. Karena kami ini semua tamu, otomatis juga harus ramah kan? menyapa dan paling gak basa-basi sama warga. Dan saya? yang saya bisa cuma "Monggo..." katanya ini ucapan permisi. yaudah, setiap ada warga yang saya lakukan adalah mengulang-ulangi kata monggo itu. mau apa lagi? Dan lagipun katanya warga sini berbahasa jawa yang haluuuuusss banget. Nah, yang kasar aja yang biasa jadi bahasa gaulnya, saya gak bisa, apalagi yang halus, hhmmm
masuk ke acara penutupan dari bakti sosial ini, kami dilepas sama tokoh masyarakatnya gitu (katanya) dan Beliau  (saya lupa namanya) menyampaikan sambutan dengan bahasa jawa. Masya Allah, masih mending kalau di film ada teksnya, nah ini? Saya cuma ikutan amin kalau ada temen lain yang ngerti bilang amin. saya juga cuma ikutan bilang makasih kalau yang lain yang negrti bahasanya bilang makasih. ahahaha

Tapi dibalik itu semua mereka keliatan punya identitas asli. Gak kayak saya yang ngaku orang sunda tapi gak bisa bahasa sunda. Oohhhh tidaaaakkk!!



*judul yang saya buat bukan maksud menghina atau apapun yaaa...
cuma aja karena saya sama-sama gak ngerti kedua bahasa tersebut :)
mohon maaf sebelumnya :) :) :)

5 komentar:

jajaw mengatakan...

monggo itu silahkan la, bkan permisi.

ila mengatakan...

nah, kan salah..
Hehe aku dikasih taunya begitu, yaudah nurut..

rianhidayat mengatakan...

msa stiap ktmu org blg monggo..
kocak kau.. hha

iya emg d smrg alus2, apalg yg ke kraton itu, ampun daaah...

4 tahun ngrti lah dkt2.. hhe

Una mengatakan...

Lama-lama ngerti kok.
Bahasa Jawa mah gamping.
Sini kuajarin...

ila mengatakan...

mba una. hehehe iya apa karena aku ini baru beberapa bulan kali ya mba? jadinya sama sekali belum ngertii