Kamis, 26 Juli 2012

Geraham Bungsu


photo from here


Satu minggu terakhir ini saya selalu berharap, temen-temen semua mengalami pertumbuhan gigi geraham bungsu yang baik-baik aja. kenapa?

Gini ceritanya nih …

Entah dari kapan mulai kerasanya, tapi awalnya saya pikir selalu ada yang nyangkut di ujung geraham kanan. Setiap habis sikat gigi, kumur-kumur, bahkan sampe ‘didongkrak’, gak ada apa-apanya. Kan jadi gak enak banget.
Makin lama, saya sadar, ternyata itu gigi geraham bungsu saya yang mulai tumbuh. Seperti biasa awal selalu baik-baik aja, yaa paling kerasa kaya ada yang nyangkut tadi itu. tapi makin kesini sakit menyiksaaa!!! Bener-bener sakit. Senut-senut rasanya sampe otak.

Dan enam bulan kemaren, saya ke dokter lagi, gara-gara sehabis dibersihin karang gigi, tapi kok malah ngilu-ngilu gigi depannya dan berdarah kadang-kadang. Untungnya, dokter gigi yang manis ini gak mendiagnosa macem-macem. Beliau Cuma bilang kalau gigi saya dibersihin dengan cara yang kasar, jadi ngelukain gusi dan gigi bagian dalamnya. Alamak! Ada-ada aja! yaa kali ini gigi masih idup padahal, bukan gigi palsu.

Oke tuuuhhh, saya akhirnya dikasih obat kumur sama antibiotic. Tapi dokter malah tiba-tiba bilang,
“Itu sebenernya ada gigi geraham bungsu yang lagi tumbuh, tapi ketutup gusi. Masih sedikit sih, gak akan apa-apa. Cuma kalau mulai ngeganggu paling engga, yaa di operasi.”

MASYA ALLAH! Denger kata operasi, rasanya mendingan ngegangu dikit aja deh gak papa.

Itu pemikiran saya waktu awal-awal ternyata emang gak ngeganggu banget. tapi makin lama, ngeganggunya parah. Gigi sering sakit tak tertahankan, sampe bikin pusing. Sisa makanan juga kadang suka nyangkut di gusinya, dan itu ujungnya bikin sakit sakit juga. Allahu akbar banget lah!

Pilihan lain >>>> OPERASI

Alhasil minggu lalu saya operasi kecil buat ngambil gusi yang makin melebar nutupin si ‘bungsu’ itu. bismillah, semoga gak kenapa-kenapa.

Waktu operasi, saya liat banget gaya dokternya nyunti gusi saya, ngebius, dan ngerinya saya liat jelas gimana ia susah payahnya ngeguntingin gusi belakang itu. deg degan sih iya, selama ini paling males banget berurusan sama dokter gigi, eh sekarang malah begini.

Operasi pertama selesai.

“Seminggu juga udah pulih total kok. Yang penting obatnya diminum teratur.”

Alhamdulillah …

TAPI KENYATAANNYA???
Dua hari setelah operasi, gigi saya kenapa sakit banget? kenapa malah ada radang di pinggir-pinggirnya?? Kenapa dokteeeerrrrrr??

Oke baiklah, saya kembali ke dokter lagi.
“OOhh ini masih belum sempurna sebenernya yang kemaren, dipotong lagi yaaa? Paling dua mm.”

HAAAA??? Operasi lagi???

Operasi kali ini saya sama dua dokter gigi sekaligus. Entah kenapa deh, saya gak tau bisa duel gitu. Nah kemaren, waktu pertama saya datang dokter yang nanganin saya gak bawe dan gak rempong, tapi pas ada temennya hebring banget dah sumpah! Kita sebut saja dokter kiki (DK). Temannya dokter rani (DR).

DK : “eh jeng, coba liat ini paling 2 mm lagi ya?”
DR : “hhmmm”

Ngorek-ngorek gigi saya lagi.

DK : “Eh jeng, si Andi gimana sekarang kabarnya?”
DR : “Udah hamil lagi dia.” >>ekspresi tetep datar
DK : “Ah masa jeng? Syukur deh, terus si bla bla bla blaaaaaaaaa”

Pengennya saya bilang, “Dok, konsen sama saya dok.” Sayangnya tangan dia masih di mulut saya. operasi kedua ini bahkan ada sampe dijait segala, saya denger kenapa harus dijait, tapi saya lupa dokternya ngomong gimana hahaha

**

Belakangan akhirnya saya tau, kalau di operasi pertama gak sempurna pengangkatan gusinya karena gunting yang dipake tumpul dan berkarat. Masya Allah! Kalau kenapa-kenapa gimana coba sama kehidupan gigi dan gusi saya? sayangnya saya terlalu sakit buat ngomong macem-macem. Kalau sama mama, pasti udah di caci maki tuh dokter. Hehehe engga deng, kan lagi puasa.

Makanya, saya selalu berharap gak ada lagi orang yang kaya saya. walaupun kasus saya masih ringan, kata dokternya, tapi yaaa berdoa deh jangan sampe aja dioperasi dua kali. Alhamdulillah juga radangnya langsung sembuh setelah operasi kedua. Kalau orang lain, katanya bahkan ada yang sampe bengkak-bengkak, ada yang giginya tumbuh menyamping jadi harus dicabut, macem-macemlah. Masih Alhamdulillah, saya gak sampe separah mereka, walau menyiksa banget :3

6 komentar:

Gloria Putri mengatakan...

aq jd keinget kakak sepupuku yg sampe hrs operasi gara2 geraham bungsu....hiiiii...ngeri.....btw, lama ga main2 ksini templatenya uda ganti yaaaa...hehehehe

ila mengatakan...

untung aku gak sampe dicabut giginya mba,
iya deh, apa kabar mba gloooo?? :D

Tebak Ini Siapa mengatakan...

OMG jeng, kok kayaknya serem bener sih jeng. *ikut2an pakai jeng*
Aku juga lagi tumbuh geraham belakang atas kiri. Nggak ngilu sama sekali, nggak sakit (atau belum aja???) cuma pernah beberapa saat risih banget soalnya kadang gigit dinding pipi gitu... kalau makan kegigit pipinya... sariawan deh :D

ila mengatakan...

ya Allah, mba un, semoga kamu gak sampe sakit deehhh :3
aku menderita banget ini aja masih gak bisa mangap gede2. padahal doyan banget makan huhuu

Riapurwanti Jamin mengatakan...

ia baru tumbuh sekarang la, kanan belum sempurna eh yg kiri udah tumbuh pula.. ga bisa makan enak >,<

ila mengatakan...

iyaaa sakit banget. gusinya jadi gak enak :"