Sabtu, 06 April 2019

Costumize Communication

Assalamualaykum,

Bismillahirrahmanirrahiim..

Alhamdulillah, sudah masuk ke hari ke sepuluh tantangan game level 1. Kata paksu soal langkah menjalankan komunikasi produktif saya sudah banyak berubah. Tapi beliau gak mau saya hanya menjalankan langkahnya saja tanpa tau tujuan besarnya atau goal dari komunikasi produktif itu apa.

Saya : Memangnya apa menurut aa goalsnya?
Paksu : Costumize Communication.
Saya : Maksudnya?

Jadi, paksu cerita, menurutnya komunikasi produktif itu adalah komunikasi yang sudah ter costumize dengan baik. Maksudnya adalah tujuannya dari costumize communication adalah rasa percaya dan nyaman.

Paksu : Aku yakin semua langkah-langkah itu kalau kamu lakuin tanpa tau goals nya apa, kamu akan seperti boneka. Bahasa-bahasa yang kamu contohkan, gak semua anak atau pasangan paham. Ada mungkin bentuk komunikasi produktif antara anak dan ibunya adalah dengan pelukan, dengan nasihat, dengan diskusi. Misal nih, goal nya adalah anak nyaman sama kita. Kalau sudah nyaman, komunikasi akan mengalir kaya sungai dan rasanya dari hati.

Setelah dengan suami ngomong panjang lebar seperti itu, saya jadi berpikir. Ada satu hal yang saya evaluasi dari latihan 10 hari komunikasi produktif, yaitu ketidak pahaman saya tentang goals dari step-step komunikasi produktif yang di share selama tantangan.

Alhamdulillah, Allah pasangkan seseorang yang bisa menterjemahkan apapun yang tidak saya pahami, semoga bisa begitu sebaliknya. Aamiin

Wassalamualaykum,
Salam cinta dari calon bunda sayang
Nur Illahiyah Munggaran (34)

#hari10
#gamelevel1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbundasayang

Tidak ada komentar: