Kamis, 28 Maret 2019

Sayang, Intonasinya Yaa...

photo from self documentation

Assalamualaykum,

Bismillahirrahmanirrahiim..
Mulai hari ini sudah masuk ke game level 1 bunda sayang, komunikasi produktif. Kalau menurut rangkuman saya dari diskusi dengan teman-teman Bunda Sayang, kita akan mencapai komunikasi yang produktif kalau penyampaian bisa dipahami, ada timbal balik antar subjek, dan bersifat intens.

Nah, tantangan game level 1 ini benar-benar menarik bagi saya. Karena saya tipe orang yang suka bicara, maka poin-poin yang menjadi indikator keberhasilan komunikasi produktif membantu saya memudahkan dalam penyampaian.

Pada tantangan hari pertama ini, saya melatih menghasilkan komunikasi yang baik dimulai dari saya sendiri. Kebetulan setiap malam saya dan suami selalu ada sesi untuk sharing kegiatan apa aja seharian, kemudian kita rangkum apa yang bisa kita ambil dari kejadian-kejadian tersebut.
Kemarin, suami alhamdulillah jam setengah 6 sudah sampai rumah (yang biasanya jam 9/10 baru sampai). Akhirnya kita lebih banyak ngobrol.

Saya : Aa, aku harus buat seragam coklat lagi. Karena harus seragam dari dinasnya.
Suami : Lho, kamu kan sudah buat?
Saya : Santai atuh aa, jadi dinas aku tuh harus seragam semuanya, kan sepatu sama kerudung aja dikasih. Nanti kalau sudah resmi disana, akan dianggarin sendiri untuk seragamnya.
Suami : Terus baju coklatnya digimanain?
Saya : Masih akan dipakai kok sambil nunggu jahitannya selesai.

Dan perbincangan mengalir sesuai dengan kegiatan apa saja yang sudah dilewati kemarin.
Tapi ada poin-poin yang saya coba terapkan dari sela-sela perbincangan itu yaitu intonasi bicara, dan sebisa mungkin menjelaskan dengan padat dan jelas.

Karena saya termasuk orang yang suka bicara kesana kemari, hal yang menarik dari tantangan hari pertama ini adalah percobaan itu sendiri, melatih intonasi yang biasanya dengan suara keras, penjelasan yang panjang lebar tapi membingungkan dan kadang saya lemah dalam memilih waktu.

Seru yaaaaa
Semoga tantangan hari kedua bisa terus melatih dari ini.


Salam Cinta dari Calon Bunda Sayang,
Nur Illahiyah Munggaran (34)


#hari1
#gamelevel1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbundasayang

Tidak ada komentar: