Minggu, 04 Desember 2011

Jauh Dekat, Tuan Nyonya Sama Saja

photo from here



Dari jauh, kanan aku tengok..
Menertawakan Tuan yang mulai linglung
Merasa mulai pilu mengusik relung, katanya..
Apa?! Entahlah..
Kenapa?! Entahlah..
Terbahak aku dibuatnya..
Bukankah gudang berisakkan kilau?
Masih bisa menghantar tujuh turunan, rasaku..
Kenapa linglung?
Mengina diri karena takut habis?
Tidak akan secepat yang kau bayangkan, Tuan..
Kau juga yang menjilat habis rapahan derita yang makin jelata
Apa yang kurang?? Lebih dari cukup, bukan??

Ketika rayu kiri, aku kembali melirik..
Masih liar setan merasuk kepercayaan Tuhan
Nyonya jumawa menghisap aroma mulia logam
Menyibak legam dengan rajutan berlian
Aku… Aku?? akankah habis pikir?
Rasanya iya..
Barapa banyak aku berpikir..
Berapa lelah aku menyeka peluh..
Adakah harganya? Sangsi lagi!

Gemuruh di hatiku rasanya sudah hampir mati
Atau sudah mati?
Menghujam raga, jatuhkan asa
Decak kagum, mungkin..

Kalau saja Tuan Nyonya aku bisa tampar,
Aku berlari lebih dulu lelapkan kalap dunia Tuan dan Nyonya
Adakah pilu yang begitu ringan terlempar belas kasih peduli?
Adakah hinanya rasa merintih diri yang terlalu banyak lupa?


Ada tangis yang masih mengukir kukumu dengan sabar
Ada banyak yang meronta aking, sementara engkau manyantap emas, Nyonya..

Ada banyak pilu, menopang rintihan sanak anak..
Ada banyak miskin, yang kau lupa riangkan juangnya, Tuan..

Ada apa? Entahlah..




2 komentar:

ROe Salampessy mengatakan...

wow, keren...!

ila mengatakan...

waah makasi banyak mas :))