Senin, 15 September 2014

Learn. Live. Hope


photo from here

Learn. Live. Hope.
Tiga kata yang saya pilih untuk menjadi tagline baru di blog tercinta, setelah Ila’s Diary yang bertahan selama sekian tahun. Ada beberapa hal yang memang ingin saya bahas mengenai tiga kata itu. Oke check it out!

Learn.
Setiap manusia pasti memiliki cerita bagaimana ia hidup sebelum hari ini. Learn atau belajar merupakan satu hal yang penting untuk menyambung cerita antara kemarin dan hari ini, begitu juga untuk hari yang akan datang. Pentingnya pembelajaran mengenai hari kemarin bisa menjadikan satu hidup yang bekualitas pada hari ini atau hari esok. Sebenarnya saya pun belum sepenuhnya menerapkan pembelajaran ini dalam keseharian. Tak ubahnya sifat manusia yang sering luput dan khilaf, begitu pun saya, saya masih sering kali mengulangi kesalahan di hari-hari kemarin sampai akhirnya mengalami kesialan atau ketidakberuntungan dalam hal yang sama. Keledai saja tidak mau jatuh dalam lubang yang sama bukan? Sayangnya saya terkadang atau bahkan seringnya masih saja seperti itu, jatuh dalam lubang yang sama. Hal yang itu-itu saja. hahaha
Tapi beruntungnya, ada banyak hal yang membuat saya bisa sedikit-sedikit menahan apa yang tidak seharusnya saya lakukan. Ada seseorang dan beberapa orang yang terus mengingatkan saya untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama, walau rasanya melawan ego itu sulitnya luar biasa. Tapi paling tidak, saya sudah tahu, saya sadar akan kesalahan yang sudah dilakukan. Harapannya, yaaa jangan sampai terulang lagi.


Live.
Hidup. Lanjutan dari pembelajaran tentang hari kemarin atau lebih dikenal dengan masa lalu, menyadarkan harus hidup seperti apa pada hari ini. Apakah akan mengulangi hal yang sama atau kemudian memperbaikinya menjadi lebih baik. Yaa walaupun menjadi lebih baik itu tidak ada patokannya, paling tidak menjadikan diri sendiri tidak melakukan hal bodoh atau ceroboh di hari kemarin pada hari ini, menurut saya sudah menjadi pribadi yang lebih baik. Jangan sampai ketika sudah menyadari letak kesalahannya dimana dan mengulanginya lagi, rencana dan rangkaian kehidupan di hari ini menjadi berantakan, tidak terarah dan kehilangan sebuah hal yang jauh lebih penting yaitu kesempatan dan harapan.

Hope.
Harapan yang timbul menggambarkan bagaimana hidup di hari ini dan mempelajari semua hal di hari-hari yang sudah berlalu. Kemudian datanglah istilah hari esok dengan menghantarkan kita pada harapan. Kata harapan menurut saya mengandung arti yang positif, jadi bohong kalau menemukan harapan palsu dalam menjalankan hidup. Karena bagaimanapun harapan terbaik hadir dari pribadi yang sudah yakin dengan mimpi dan dirinya sendiri. Bersamaan dengan doa dan usaha maksimal yang ia lakukan, harapan akan selalu ada. Selalu mempercayai bahwa bagaimanapun keadaannya harapan akan selalu muncul untuk mewujudkan apa yang diinginkan. Jadi jangan pernah takut berharap. Tapi saya sarankan jangan terlalu banyak membuat harapan pada manusia. Sebaik-baiknya harapan adalah harapan yang dipasrahkan pada Yang Maha Kuasa. Kebanyakan membuat harapan pada manusia akan menimbulkan kekecewaan yang berlebih. Karena bagaimanapun, manusia bersifat tidak pasti, sedangkan Ia sangat pasti. Tinggal bagaimana kita meyakininya. Percaya saja, tanganNya ada dimana pun kita berada untuk mewujudkan apa yang kita harapkan.

So? Apa yang kita pelajari harus bisa menghantarkan kita menjalani hari yang lebih baik untuk kegemilangan harapan-harapan yang mulai terwujud satu per satu. Jangan sampai kesempatan dan harapan kita dihabisi oleh waktu.
Reader, kurang lebih, inilah arti dari tagline baru blog saya tercinta ini. Semoga akan banyak pembelajaran, cerita-cerita indah, dan harapan indah yang terwujud. Dan semoga tulisan ini menjadi pengingat bagi saya dan temen-temen reader yaaa 

See you,
Enjoy my blog all ..


With love,
illahiyah

4 komentar:

Riapurwanti Jamin mengatakan...

nama baru spirit baru, la :)

ila mengatakan...

I hope so, ri hehee

Defa Ramadhani mengatakan...

taglinenya keren mas,,sukses :)

ila mengatakan...

waahh makasiihh, sayangnya aku perempuan :)