Minggu, 09 September 2018

Time Framing

Photo from here
Bismillahirrahmanirrahiim

Masuk ke tugas selanjutnya yang lebih menantang dan aplikatif, yaitu tentang bagaimana kita bisa menerapkan dan mencoba diaiplin dengan apa yang sudah dipelajari sampai materi 6. Walau saya masih harus banyak belajar untuk disiplin, paling engga framing waktu untuk bisa disiplin bisa pelan-pelan dipelajari. Yap! Framing waktu yang saya maksud adalah penentuan prioritas. Mana yang harus benar-benar dilakukan, mana yang bisa ditunda dulu pengerjaannya atau bahkan tidak dilakukan lagi karena nilai kebermanfatannya.


Satu.
Beberapa hal yang menurut saya penting:
1. Quality time dengan keluarga
2. Ibadah harian
3. Belajar

Beberapa hal yang gak penting yang sering banget saya lakuin dan menghabiskan waktu:
1. Nonton
2. Main gadget
3. Mengobrol

Dari ketiga kegiatan yang saya sebutkan, main gadget adalah kegiatan yang paling banyak saya habiskan. Terutama saat libur yang justru sebenarnya harus lebih banyak berkomunikasi secara offline. Sebenarnya saya tidak banyak melakukan chating dengan siapapun, saya kurang suka dengan kegiatan chating terlalu panjang lebar. Lebih senang langsung telpon atau bahkan diusahakan ketemu. Oke, balik lagi ke waktu yang telah habis secara sia-sia. Main gadget disini benar-benar berdefinisi main. Saya menulis, saya membaca, saya menonton, saya browsing. Tapi sayangnya tidak fokus, kebanyakan mainnya. Unfaedah kalau kata anak jaman sekarang.

Dari kegiatan secara garis besar tersebut, ada beberapa kegiatan rutin yang seharusnya menjadi dasar saya memperbaiki diri. Kalau saya tuliskan kurang lebih seperti ini,
03.45 - 04.30 Ibadah malam
04.30 - 07.30 Jadwal dinamis
07.30 - 19.30 Bekerja, belajar, quality time
20.00 - 21.00 Family time

Secara rinci, untuk jadwal sabtu dan minggu mungkin ada sedikit modifikasi dari jam 7.30 - 19.30. Lebih tepatnya jadwal turunan kalau saya tidak bekerja. Bismillah,
7.30 - 8.00 perencanaan harian
8.00 - 12.00 pekerjaan domestik
12.00 - 13.00 istirahat
13.00 - 16.00 belajar, self improvement
16.00 - 16.30 bersih-bersih diri
16.30 - 19.30 family tine

Saya masih sedikit melayang-layang untuk penjadwalan ini dan bagaimana saya mengaplikasikannya. Semoga saja bisa konsisten aamiin. Mohon dukungan! Semangat!


Nur Illahiyah M (31)
#NHW6
#MIIPB6
#MIIPBBantenKarawang

Tidak ada komentar: