Minggu, 02 September 2018

Learning How To Learn

Photo from here
Bismillahirrahmanirrahiim

Pembelajaran, materi, Star of The Day, semua hal di perkuliahan semakin luar biasa. Semakin kecil rasanya diri ini akan ilmu-ilmu tentang kehidupan setelah menikah, atau bahkan apa yang harus dipersiapkan sebelum menikah.
Materi terakhir tentang bagaimana kita mengaplikasikan semua ilmu dan mulai melangkah untuk mencari tahu cara ternyaman kita untuk belajar yang pada akhirnya akan diaplikasikan untuk lingkungan sekitar dan pada keluarga kita.


Mengingat tentang desain pembelajaran dan bagaimana caranya kita belajar, bagi saya adalah mempraktekan secara langsung atau Learning by doing merupakan hal yang paling cocok untuk orang yang mudah penasaran seperti saya. Kebetulan ketika kuliah dulu saya aktif mengajar anak-anak dengan latar belakang menengah ke bawah dan sebagian besar dari mereka hidup dengan serba cukup juga kurang perhatian. Disamping itu juga saya aktif mengajar beberapa anak yang justru dengan latar belakang orang tua menengah ke atas. Keduanya memiliki sifat dan sikap yang berbeda. Darisitu saya belajar bagaimana saya mengambil sikap dan bersabar, bagaimana saya mengambil keputusan, memutar kreatifitas untuk menyampaikan hal-hal agak bisa dipraktekan dengan mudah, dan bagaimana saya mengevaluasi setiap langkah yang sudah saya ambil.

Belajar langsung dilapangan memang lebih melelahkan rasanya, karena saya sendiri harus berkali-kali merombak metode sampai akhirnya cocok disampaikan dan nyaman saya aplikasikan. Disamping itu, untuk menunjang langkah apa yang saya ambil, saya cenderung lebih nyaman belajar dari bagaimana orang mengaplikasikan metode-metode tertentu. Karena bisa memberikan gambaran nyata dan saya juga lebih mudah mengerti.

Jadi, learning how to learn saya adalah belajar memperhatikan dari pengalaman orang-orang yang sudah mempraktekan, mengaplikasikan di medan sendiri, kemudian mengevaluasi. Hal ini terus berputar dan berulang.

Begitulah kira-kira saya belajar dan harus terus belajar untuk melengkapi kepingan yang masih belum lengkap ini. Semoga dimudahkan.


Nur Illahiyah Munggaran (31)
#MIIPB6
#MIIPB6BantenKarawang

Tidak ada komentar: